7 Tips Cara Membedakan Beras Palsu Dengan Yang Asli

HARUSBACA.COM – Menghebohkan memang beras plastik atau sintetis membuat masyarakat harus lebih berhati-hati sebelum membeli, karna harus membedakan antara beras asli atau palsu. Tapi kamu tidak perlu cemas karna ada sekian banyak ciri-ciri yang bisa kita kenali beras sintetik agar tidak salah membeli beras sintetis ini.

Paling mendasar ada tiga perbedaan yang mencolok dari beras sintetis atau yang dikenal dengan beras plastik. berikut ini informasinya tips terhindar dari beras sintetik dari berbagai sumber.

Warna bersih

Beras sintetis lebih berwarna putih dan terlihat bersih. Beda dengan warna beras asli yang berwarna putih tapi sedikit keruh. Butiran beras yang baru saya beli terlihat bening tanpa kotoran dan warna pun sangat mencolok.

Kalau beras asli, di dalam butiran akan terlihat warna putih kecil di tengah-tengah, Kalau dilihat sekilas saja, memang sama. Tapi, kalau dilihat lebih teliti lagi, baru terlihat perbedaannya.

Tidak ada biji mata

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran menyebutkan ciri utama beras asli adalah adanya mata beras. Kalau beras asli pasti ada matanya, sedangkan yang palsu putih mulus tanpa biji mata, Mata beras yang dimaksud adalah bercak putih pada bagian tengah bulir beras. Pada beras asli, bercak ini dapat terlihat dengan jelas. Beras asli juga memiliki warna yang lebih keruh.

Wujudnya seragam

Beras sintetis bila dipegang agak licin, sementara beras asli terasa kasar. Namun untuk bentuknya tidak jauh beda, Selain itu, kemulusan beras asli tidak sempurna. Pasti ada bulir-bulir beras yang sedikit patah. Hal ini berbeda dengan beras palsu dari plastik bikinan pabrik yang bentuknya seragam.

Mengambang

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kota Bandung, Elly Wasliah, mengatakan pengujian beras bisa dilakukan dengan sederhana. Kalau beras saat di masukan ke dalam air mengambang, kemungkinan itu plastik atau aspal “asli tapi palsu”. Kalau yang asli tidak seperti itu.

Lengket ketika dipanaskan

Bila dengan pandangan sekilas masih meragukan, kamu bisa mengecek keaslian beras dengan cara memanaskannya sedikit. Bila diberi api, beras sintetis akan langsung lengket dan menyambung karena terbuat dari plastik, jika tidak beras tersebut adalah beras asli.

One Response

  1. Hosting October 8, 2016

Add Comment